News Value

Untuk kesempatan kali ini, saya mau berbagi ilmu nih. Khususnya buat mahasiswa Ilmu Komuikasi biasanya seing berhubungan dengan materi yang akan saya berikan, yaitu News Value. Apa itu news value? News Value diartikan sebagai nilai berita. Dalam menuliskan sebuah berita, peristiwa atau kejadian pasti memiliki nilai berita.
Oleh sebab itu, peristiwa atau kejadian tertentu di angkat ke sebuah media karena berita tersebut memiliki nilai berita bagi publik. Nilai berita adalah seperangkat kriteria untuk menilai apakah sebuah kejadian cukup penting untuk diliput. Ada sejumlah faktor yang membuat sebuah kejadian memiliki nilai berita, yaitu yang akan saya bahas.Berikut saya mengambil salah satu berita yang masih fresh yang diambil dari detik.com :
         

Final Piala Presiden, 15 Ribu Polisi Diterjunkan


Jakarta - Kepolisian menurunkan 15.000 petugas untuk mengamankan dua pertandingan terakhir Piala Presiden 2017. Laga akan dilangsungkan di Stadion Pakansari.

Laga final Piala Presiden 2017 akan digelar pada Minggu (12/3/2017) malam WIB, mempertemukan Pusamania Borneo FC dengan Arema FC. Sementara sehari sebelumnya akan dilangsungkan perebutan tempat ketiga antara Persib Bandung dengan Semen Padang.

Untuk dua hari tersebut, kepolisian total akan menurunkan 15.000 personelnya.

"Untuk Polda Jawa Barat itu 6.029 personel. Untuk Polda Jawa Timur 2.077 personel, dan kami sediakan 40 bus untuk supporter. Masing-masing kloter, 10 bus, dikawal satu kompi Brimob," kata Asisten Kapolri Bidang Operasional, Irjen Unggung Cahyono, di Gedung Utama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2017).

Unggung menjelaskan ada empat polres di Jawa Timur yang dilewati supporter Klub Arema Malang saat hendak bertolak ke Cibinong. Memasuki Jawa Tengah, rombongan akan melintasi 15 polres, dan memasuki Jawa Barat, rombongan akan melintasi 7 polres.

"Dari Polda Metro Jaya ada bantuan 2.900 personel. Jadi totalnya hampir 15 ribu (polisi) yang kita persiapkan. Sistem pengawalan kami estafet, kami mengadakan pengawalan dengan raimas (personel pengurai massa)," ujar Unggung.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan pengamanan yang didesain sedemikian rupa oleh jajarannya dikarenakan pertandingan final ini sangat penting karena rencananya akan dihadiri pejabat dan Presiden Joko Widodo, serta melibatkan penonton dalam jumlah besar.

"Karena ini acara yang sangat penting, dihadiri pimpinan negara, melibatkan cukup banyak penonton, sehingga kami juga melaksanakan pengamanan," jelas Tito.
(aud/din)

Berita ini  diambil dari: http://bit.ly/2ndRdLD

Nilai berita adalah suatu indikator dalam menaikkan berita tersebut dalam media. Jadi seorang editor harus melihat dengan baik, apakah berita tersebut mempunyai nilai yang kuat atau tidak untuk dinaikkan di media kita. Nah...seperti yang sudah saya bicarakan sebelumnya, saya akan membahas apa saja news value dengan cara menganalisis berita tersebut.

1.        Kedekatan (proximity).
Ada dua hal tentang kedekatan. Pertama dekat secara fisik dan kedua, kedekatan secara emosional. Orang cenderung tertarik bila membaca berita yang peristiwa atau kejadiannya dekat dengan wilayahnya dan juga perasaan emosional berdasarkan ikatan tertentu.
Dalam berita diatas, saya bisa memastikan kalau berita tersebut dekat secara emosional dengan supporter team tersebut tentunya, atau dengan penikmat olahraga sepakbola. Kalau tentang dekat secara wilayah, pertandingan tersebut diadakan di Stadion Pakansari dimana itu terletak di Cibinong, Jawa Barat. Terletak jauh dari tempat dimana saya berada saat ini yaitu Daerah istimewa Yogyakarta, lalu kalau menurut saya ini pertandingan nasional dimana seluruh daerah ikut berkecimpung dalam pertandingan ini. Seperti yang disebutkan dalam berita tersebut yaitu ada Malang, Samarinda, Bandung, dan Padang.

2.      Ketenaran (prominence).
Orang terkenal memang sering menjadi berita. Seperti kata ungkapan Barat, Name makes news. Seperti bintang film, sinetron, penyanyi, politisi ternama seringkali muncul di koran dan juga televisi. Dimana ini adalah pertandingan nasional dan seluruh Indonesia tau, jadi menurut saya berita ini cukup memenuhi kriteria “prominence”

3.      Aktualitas (timeliness).
Berita, khususnya straight news, haruslah berupa laporan kejadian yang baru-baru ini terjadi atau peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Kalau untuk aktualitas, sepertinya berita seperti ini tidak mungkin adalah berita hoax. Karena pertandingan ini sudah berlangsung lama dan tinggal babak finalnya saja. Lalu di dalam berita tersebut juga tersebut angka angka yang merupakan fakta.


4.      Keluarbiasaan (magnitude).
Magnitude di sini menyangkut sejumlah orang besar, prestasi besar, kehancuran yang besar, kemenangan besar, dan segala sesuatu yang besar. Tentu saja berita ini melibatkan banyak sekali orang, dan ada pula orang besar yang disebutkan di berita tersebut yaitu akan dihadiri oleh beberapa pejabat dan Presiden Joko Widodo. Dan tentunya Pertandingan Piala Presiden ini adalah prestasi yang besar karena ini pertandingan nasional.

5.      Konflik (conflict).
Berita tentang adanya bentrokan, baik secara fisik maupun nonfisik, selalu menarik. Misalnya bentrokan antar manusia, manusia dengan binatang, antar kelompok, bangsa, etnik, agama, kepercayaan, perang dsb. Hm, sepertinya kalau dalam berita ini tidak ada konflik. Mungkin hanya pertandingan saja yang tidak terlibat konflik melainkan prestasi.

6.      Unsur yang menyentuh perasaan (human interest).
Unsur human interest yaitu peristiwa atau kejadian- kejadian yang dapat menyentuh hati manusia. Human interest disini bisa kejadian-kejadian sukses yang menggembirakan, bisa kegagalan-kegagalan yang menyedihkan, kejadian heroik dan sebagainya. Peristiwa yang memberi sentuhan perasaan bagi pembaca. Biasanya, peristiwa menyangkut orang biasa dalam situasi luar biasa, atau orang besar dalam situasi biasa.
Ini akan menyentuh hati manusia saat kemenangan diraih. Tetapi orang akan tertarik dengan berita ini karena ada kata 15.000 polisi yang akan diterjunkan.

7.       Unsur penting (significant).
Peristiwa-peristiwa yang terjadi, yang timbul atau muncul dan akan berpengaruh pada kehidupan masyarakat, dan juga mengandung nilai yang penting, maka jelas akan menarik perhatian pembaca. Hal itu menuntut seorang wartawan untuk memberitakannya, sehingga masyarakat seakan memperoleh kebutuhan informasi untuk menentukan kehidupan mereka yang lebih lanjut. Nilai atau unsur penting disini, bisa melekat diberbagai hal atau sendi kehidupan.
Penting tidak pentingnya berita itu tergantung pembacanya masing masing. Kalau untuk supporter Pusamannia Borneo FC dan Arema FC mungkin ini termasuk berita yang penting. Tapi untuk orang lain misalnya fashion blogger, berita ini tidak berkaitan dengan pekerjaan nya, terkecuali fashion blogger tersebut termasuk supporternya ya.

Ya, itu dia materi untuk hari ini yang saya bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang mungkin mendapat tugas seperti saya. Jadi sudah bisa kan menganalisis berita yang bernilai?

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Dibalik Keuksesan Sate Taichan “Goreng”

FEATURE: Wisata Cirebon dan Sekitarnya

Contoh Kode Etik Public Relation yang Baik dan Buruk